Friday, August 05, 2016

Aturan Penempatan Iklan Yang Dilarang AdSense


Hasil gambar untuk penempatan iklan yang dilarang adsense


Bermain google adsense tidak hanya mematuhi kebijakan (TOs) dalam penerapan di artikel saja, tetapi juga harus memahami tentang penempatan iklan yang dilarang. Banyak para blogger khususnya saya kurang memahami dengan benar tentang hal ini, setau saya dan mereka menempatkan iklan boleh sesuka hati yang penting di tempat yang strategis dan berpotensi untuk dilihat oleh pengunjung. Tetapi ternyata banyak hal atau larangan yang sudah di tetapkan oleh penyelenggara adsense, sehingga menempatkan iklan harus sesuai dengan prosedur dan kebijakan dari google adsense

Penempatan iklan yang dilarang dalam pakteknya masih banyak yang di langgar oleh banyak blogger, ini yang menyebabkan nilai iklan tidak lagi relevan di mata pengunjung , dan yang menjadi penyebab nilai iklan adsense menjadi rendah. Membuat iklan yang seolah olah menyerupai halaman dan mengelabui pengunjung secara sengaja terhadap iklan adalah tindakan yang dilarang penyelenggara adsense, dan menyebabkan akun adsense anda berpotensi untuk di banned.

Kebijakan penempatan iklan adsense

kebijakan penempatan iklan yang sudah dijelaskan secara lengkap mengenai aturan penempatan iklan yang berlaku dalam google adsense. Hal ini yang harus di perhatikan oleh para blogger agar sukses dalam bermain google adsense. Adapun hal pokok tentang penempatan iklan yang di larang yang sering dilanggar oleh para blogger adalah sebagai berikut : 

Jumlah maksimal iklan adsense dalam satu halaman

Publisher dapat meletakkan 3 unit iklan adsense untuk konten dalam sebuah halaman blog yang berbeda ukuran atau 3 unit tautan dan maksimal 2 kotak telusur. Jadi jangan melebihi jumlah maksimal iklan yang sudah di tetapkan untuk di tayangkan.
Batas iklan di atas juga berlaku untuk situs seluler. Selain itu, dua atau beberapa iklan AdSense mungkin tidak muncul di layar secara bersamaan pada situs seluler. Tips untuk hal ini adalah, memasang unit iklan yang berbeda ukuran, dari penempatan iklan di atas, tengah atau bawah postingan.
Penempatan iklan pada daerah yang rawan terjadi kesalahan
Dilarang menempatkan iklan yang berpotensi menjadikan tindakan yang tidak sengaja oleh pengunjung, pihak adsense tidak memperbolehkan menempatkan slot iklan pada area yang sangat berdekatan dengan links, tombol play, tombol navigasi dan sebagainya yang berakibat pada “kesalahan”,

Penayang iklan dilarang menambahkan tanda khusus apapun terhadap iklan yang bisa berupa gambar, arahan, kode kode tertentu yang mengarah langsung kepada iklan, hal ini mencakup animasi mencolok yang menarik mata pengguna ke iklan, atau tanda panah dan simbol yang mengarah kepada iklan. Nah, ini termasuk penerapan sticky ( skrip kotak mengambang) yang tidak di perbolehkan, yang menyebabkan iklan muncul di posisi yang “melekat” pada laman ketika pengguna menggulir turun.
Menambahkan label pada iklan
Pihak penayang tidak diperbolehkan menambahkan label apapun pada iklan, seperti menambahkan tulisan “sumber info” atau “info yang bermanfaat”, “tautan yang menarik”, “bantu blog ini agar tetap berjalan”, “sponsor kami” dan lain sebagainya yang seolah olah mengajak atau membujuk pengunjung untuk melakukannya pada tautan iklan. Penayang hanya boleh memberi label iklan dengan “Iklan” atau “Pesan Sponsor”. Variasi lainnya tidak diizinkan.
Memasang iklan yang bersanding dan berdekatan dengan gambar
Hal yang tidak diperbolehkan lainnya adalah memasang iklan yang bersanding dengan gambar, atau berdekatan sekali dengan gambar, karena akan mempengaruhi pengunjung dan mengira iklan tersebut adalah gambar. Hal hal ini termasuk memperdayai pengunjung dan dilarang oleh pihak adsense.
Penempatan iklan pada tata letak konten di paruh bawah
Untuk keterangan ini adalah, tidak boleh menempatkan iklan di atas konten sementara konten yang asli di letakkan di bawahnya, hal ini akan memaksa pengunjung untuk menggeser halaman terlebih dahulu (setelah iklan) baru kemudian mendapati konten/posting yang asli. Hal yang demikian juga tidak di perbolehkan, ini juga berlaku untuk situs seluler.
Memformat konten untuk meniru iklan
Harus terdapat perbedaan yang jelas antara konten bergambar dan iklan, tidak di perbolehkan untuk memodifikasi konten gambar yang menyerupai bentuk iklan. hal ini juga dilarang oleh pihak adsense,
Hal ini yang sering di sebut oleh pihak penyelenggra adsense, yaitu menyelamatkan uang advertiser atau pihak pengiklan dengan aktifitas pemasangan iklan yang tidak sewajarnya kepada pihak penayang iklan yang di tempatkan di bagian bagian tertentu pada web/ blog. pihak google adsense hanya ingin pengunjung yang hanya melakukan dengan sadar dan sah, atau tidak membingungkan pengunjung yang akan menganggap bahwa iklan adalah konten yang sebenarnya.

Nah, itulah beberapa aturan penempatan iklan yang dilarang dan di anggap melanggar ketentuan serta kebijakan penyelenggara adsense, walaupun sudah di terima adsense dan bisa menayangkan iklan di beberapa blog, terkadang kita tidak menyadari akan kesalahan itu. Hal ini yang menjadi iklan kita bernilai kecil dan rawan terkena banned. Jika tidak ingin menyesal, segera perbaiki tata letak iklan adsense anda yang tidak melanggar ketentuan di atas.
Salam Blogger Semoga bermanfaat....
Jangan Lupa Komentar ya