Kalau kita memiliki toko online, maka toko online kita wajib memiliki fasilitas yang dapat mempermudah konsumen untuk berbelanja di toko online kita, dan juga bisa meningkatkan kepercayaan pembeli terhadap toko online kita, sehingga mereka yakin bahwa toko online kita bukan digunakan untuk menipu. Fasilitas utama yang harus kita sediakan adalah fasilitas yang mampu membantu mempermudah pengguna mencari produk yang mereka cari dan bertransaksi atau belanja di toko online kita....
Toko online adalah salah satu media yang sangat cocok digunakan untuk memasarkan produk melalui internet, memang ada banyak situs gratis semacam toko online atau market place yang bisa kita gunakan untuk mempromosikan produk yang akan kita jual, seperti tokopedia.com,olx.com bukalapak.com, forum kaskus fjb dan tempat jual beli online lainnya, kita bisa memasarkan produk di situs-situs marketplace tersebut, namun jika kita punya cukup modal, kita bisa menyediakan toko online pribadi untuk memasarkan produk yang ingin kita jual....
Memasarkan produk melalui online, sepertinya akan dirasa cukup jika produk yang kita pasarkan adalah produk dalam sekala kecil, produk musiman atau memang kita ingin menjual barang tertentu, dan dengan bantuan situs market place faktanya memang mampu mempercepat terjadinya proses transaksi jual beli terhadap barang yang ditawarkan sehingga barang atau produk yang kita jual cepat laku, tapi jika kita memiliki brand produk tersendiri dan produk kita jumlahnya banyak ragam dan macamnya, selain memasarkan produk di marketplace kita, kita juga dituntut harus memiliki toko online tersendiri, tujuannya agar penjualan kita terlihat lebih profesional, lebih dipercaya oleh pembeli dan brand kita akan mudah dikenal.....
Untuk Membangun Toko Online,
Fasilitas Ini Wajib Ada Di Toko Online Yang Kita Miliki Antara Lain :
1. Sediakan Data Kategori Barang
Kategori barang memudahkan pengunjung blog kita untuk menemukan barang yang mereka cari, sehingga dengan tersedianya kategori barang, mereka lebih mudah menentukan barang dengan cara memilih daftar kategori yang tersedia sehingga lebih mudah menelusuri data barang yang terdapat pada toko online kita...
2. Akses Aman (HTTPS) Untuk URL Toko Online Kita
HTTPS adalah protokol aman yang bisa digunakan untuk alamat url situs, toko online sebaiknya dan sangat disarankan untuk mengunakan protokol HTTPS tujuannya untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dan juga agar transaksi di toko online kita lebih aman.
Kalau situs kita menggunakan https maka situs kita bisa diakses melalui https://situs_anda.com, situs kita akan lebih aman dan bisa meningkatkan kepercayaan calon pembeli....
3. Sediakan fasilitas pencarian
Ini adalah fasilitas yang paling penting dan wajib ada pada toko online kita, tujuannya adalah agar pengunjung lebih mudah menemukan barang yang mereka cari, mereka dapat menemukan barang di toko online kita dengan cepat hanya dengan mengetikan nama barang yang mereka cari pada kotak pencarian....
4. Sediakan fasilitas Untuk Melakukan Transaksi Pembelian
Toko online yang baik adalah toko online yang dilengkapi dengan cara belanja yang tidak berbelit-belit dan transaksi yang mudah, untuk memberikan kemudahan kepada calon pembeli, disarankan kita menyediakan fasilitas untuk bertransaksi aman, seperti menyediakan form transaksi atau keanggotaan konsumen dan fasilitas untuk mempermudah transaksi lainnya....
5. Sediakan Petunjuk Cara Pembelian
Petunjuk cara pembelian adalah informasi yang sangat berharga bagi konsumen atau pengunjung blog kita yang kebetulan tertarik untuk membeli barang yang kita pasarkan di toko online kita, informasi petunjuk cara pembelian akan memberikan kepercayaan kepada konsumen bahwa cara membeli yang mereka lakukan adalah benar....
6. Sediakan Informasi Kontak
Informasi penting lainnya adalah informasi kontak, sediakan informasi kontak seperti no. HP yang bisa dihubungi, Kontak media sosial seperti BBM, facebook whatsapp, atau email, ini untuk memberikan kesempatan kepada konsumen agar bisa berinteraksi atau berkomunikasi secara langsung dengan kita....
7. Sediakan Informasi Toko Offline Kita Secara Jelas
Jika kebetulan kita memiliki toko offline, sediakan juga informasi mengenai biodata toko offline kita, dari mulai alamat lengkap dan no telepon serta foto-foto yang memperlihatkan toko offline kita, dengan menyediakan informasi toko offline, akan lebih meningkatkan kepercayaan pada konsumen bahwa situs toko online anda bukan situs penipuan, dan ketika calon pembeli ragu dengan toko online kita, mereka bisa langsung cek ke lokasi toko offline kita...
8. Sediakan Informasi Barang Paling Laku
Informasi item barang atau produk paling laku akan memberikan informasi dan bisa meningkatkan kepercayaan terhadap barang tersebut sehingga calon pembeli bisa saja tertarik dengan produk tersebut.....
9. Sediakan Informasi Testimoni Dari Konsumen Kita
Jika kita memiliki informasi mengenai testimoni mengenai barang yang berhasil kita jual, misalkan testimoni pesan chating kita dengan pelanggan, sampai terjadinya transaksi, kita bisa pampang di toko online kita untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen pada toko online kita bahwa toko online kita bukanlah toko penipu.....
Memang banyak sekali situs-situs toko online di internet, tapi sayangnya ada yang asli dan ada juga hanya digunakan untuk media penipuan, sehingga kita harus mampu meyakinkan calon pembeli atau pengunjung blog kita, bahwa toko online yang kita miliki adalah toko online yang benar-benar menjual barang dan bukan toko online penipu, seiring dengan berjalannya waktu, jika kita konsisten dan mampu bertahan mata brand toko online kita akhirnya akan dikenal dari mulut kemulut dan reputasi toko online kita sedikit demi sedikit akan terus meningkat, sehingga siapapun tidak akan ragu untuk belanja di toko online kita....
Baca Juga : Cara Mendaftar Google AdSense Agar Cepat Diterima
Mungkin cukup itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai fasilitas yang harus kita sediakan pada toko online kita, agar oengunjung atau calon pembeli dapat lebih oercaya terhadap keaslian barang dan situs kita.... Terimakasih telah berkunjung, jangan lupa tinggalkan jejak anda di komentar...
4. Sediakan fasilitas Untuk Melakukan Transaksi Pembelian
Toko online yang baik adalah toko online yang dilengkapi dengan cara belanja yang tidak berbelit-belit dan transaksi yang mudah, untuk memberikan kemudahan kepada calon pembeli, disarankan kita menyediakan fasilitas untuk bertransaksi aman, seperti menyediakan form transaksi atau keanggotaan konsumen dan fasilitas untuk mempermudah transaksi lainnya....
5. Sediakan Petunjuk Cara Pembelian
Petunjuk cara pembelian adalah informasi yang sangat berharga bagi konsumen atau pengunjung blog kita yang kebetulan tertarik untuk membeli barang yang kita pasarkan di toko online kita, informasi petunjuk cara pembelian akan memberikan kepercayaan kepada konsumen bahwa cara membeli yang mereka lakukan adalah benar....
6. Sediakan Informasi Kontak
Informasi penting lainnya adalah informasi kontak, sediakan informasi kontak seperti no. HP yang bisa dihubungi, Kontak media sosial seperti BBM, facebook whatsapp, atau email, ini untuk memberikan kesempatan kepada konsumen agar bisa berinteraksi atau berkomunikasi secara langsung dengan kita....
7. Sediakan Informasi Toko Offline Kita Secara Jelas
Jika kebetulan kita memiliki toko offline, sediakan juga informasi mengenai biodata toko offline kita, dari mulai alamat lengkap dan no telepon serta foto-foto yang memperlihatkan toko offline kita, dengan menyediakan informasi toko offline, akan lebih meningkatkan kepercayaan pada konsumen bahwa situs toko online anda bukan situs penipuan, dan ketika calon pembeli ragu dengan toko online kita, mereka bisa langsung cek ke lokasi toko offline kita...
8. Sediakan Informasi Barang Paling Laku
Informasi item barang atau produk paling laku akan memberikan informasi dan bisa meningkatkan kepercayaan terhadap barang tersebut sehingga calon pembeli bisa saja tertarik dengan produk tersebut.....
9. Sediakan Informasi Testimoni Dari Konsumen Kita
Jika kita memiliki informasi mengenai testimoni mengenai barang yang berhasil kita jual, misalkan testimoni pesan chating kita dengan pelanggan, sampai terjadinya transaksi, kita bisa pampang di toko online kita untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen pada toko online kita bahwa toko online kita bukanlah toko penipu.....
Memang banyak sekali situs-situs toko online di internet, tapi sayangnya ada yang asli dan ada juga hanya digunakan untuk media penipuan, sehingga kita harus mampu meyakinkan calon pembeli atau pengunjung blog kita, bahwa toko online yang kita miliki adalah toko online yang benar-benar menjual barang dan bukan toko online penipu, seiring dengan berjalannya waktu, jika kita konsisten dan mampu bertahan mata brand toko online kita akhirnya akan dikenal dari mulut kemulut dan reputasi toko online kita sedikit demi sedikit akan terus meningkat, sehingga siapapun tidak akan ragu untuk belanja di toko online kita....
Baca Juga : Cara Mendaftar Google AdSense Agar Cepat Diterima
Mungkin cukup itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai fasilitas yang harus kita sediakan pada toko online kita, agar oengunjung atau calon pembeli dapat lebih oercaya terhadap keaslian barang dan situs kita.... Terimakasih telah berkunjung, jangan lupa tinggalkan jejak anda di komentar...